Bagaimana Cara Menulis Judul Postingan Blog yang Mampu Menarik Minat Pembaca

Halo sobat blogger. Setelah beberapa hari vakum dari dunia blogger karena adanya Pemilu tahun 2019 yang lumayan ribet dan aneh, kali ini blog matematika akan sedikit membagikan postingan sederhana tentang tips bagaimana cara menulis judul postingan blog yang baik dan menarik minat pembaca.

Perlu sobat blogger tahu bahwa pengunjung ketika mengetik kata kunci di search engine selalu melihat judulnya. dan itu pasti. Tetapi tidak semua pengunjung melihat isi dari judul tersebut. Inilah kenapa optimasi judul blog sangat penting dilakukan oleh sobat blogger.

menulis judul postingan blog yang baik

Bayangkan jika kita menulis artikel ber jam-jam bahkan berhari-hari kemudian tidak ada yang melihat artikel anda kan sangat rugi. Sepertinya waktu anda terbuang dengan percuma.

hanya karena salah satu masalahnya adalah karena judulnya kurang menarik.

Tentunya hal ini sangat menjengkelkan. Padahal membuat judul tidak begitu memakan waktu. Tetapi butuh konsentrasi dan membaca minat pengunjung. Apakah judul ini nantinya akan di terima dengan baik oleh pengunjung atau tidak.

Kenapa Harus Mengoptimasi Judul blog Kita


Kenapa sih kita harus ambil pusing dengan judul blog. Toh nanti kalau bermanfaat pasti banyak di baca pengunjung. Mendingan kita fokus di content artikel saja. Kan itu paling penting.

Memang benar. Artikel yang bermanfaat pasti akan masuk di halaman utama google. Tetapi perlu sobat ketahui bahwa sebagian pengunjung hanya melihat judul psotingan dan ketika melihat judul yang menarik akan langsung membaca isinya.

Nah jika judul di optimasi dan artikel anda berkualitas, maka sudah tentu kita akan mendapatkan pengunjung dengan mudah. Kuncinya ada di Judul sobat blogger.

Setiap menit ada jutaan postingan blog yang di terbitkan di internet (sobat bisa lihat di Internet Live Stats). Angka yang tiap detik berubah. Bahkan saat artikel ini ditulis, ada 4 milyar pengguna internet aktif di seluruh dunia. Luar biasa bukan.

Jika 20% diantara mereka membaca blog kita tentunya traffik kita akan membludak dan kita akan kebanjiran penghasilan (bagi yang memiliki iklan google adsense).

Nah tugas kita adalah memancing pengguna internet tersebut untuk melihat blog kita dengan strategi optimasi judul blog. Kemudian isi dari blog kita.


Bagaimana Cara Menulis Judul Postingan Blog yang Mampu Menarik Minat Pembaca


Yups pertanyaan ini tentunya berhubungan dengan judul blog saya. Bagaimana sih caranya agar blog kita di kunjungi hanya dengan mengoptimasi judul ?

Pertanyaan itu dulunya sering saya tanyakan di forum-forum fb maupun twitter. Juga di Kaskus. Tetapi saya kurang mendapatkan jawaban yang menarik. Akhirnya ujung-ujungnya berguru pada si mbah Google.

Baca Juga : Tips Ampuh Agar Blog Kesayangan Anda Banyak Disukai Pengunjung

Bedakan antara Topik dengan Judul


Anak SMP pun tahu kalau topik dengan judul itu berbeda. Sebagai contoh :

"Anak-anak, hari ini kita akan membuat karangan dengan tema "kebersihan". Silahkan anak-anak membuat karangan sesuai dengan topik tersebut"

Nah disini tidak mungkin kita membuat karangan dengan judul kebersihan. Kan Lucu. Judul yang mungkin di buat oleh anak-anak adalah :

  • Pentingnya Kebersihan lingkungan untuk diri dan keluarga
  • 3 Cara menjaga kebersihan di lingkungan sekitar rumah
  • dan seterusnya

Nah dari judul-judul diatas, tentunya kita sadar bahwa topik sangat berbeda dengan judul. jadi, buatlah judul yang menarik perhatian pembaca. Gunakan kata-kata yang bagus dan menarik agar pengunjung tertarik. Tetapi jangan lakukan klik bait karena setelah itu pengunjung akan malas mengunjungi blog anda.

Berikan Apa yang Pengunjung Minta


Pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 3-6 menit untuk membaca blog anda. Mereka membaca karena mereka membutuhkan informasi yang anda butuhkan. Sebagai contoh, pengunjung mencari artikel tentang bagaimana cara membuat blog di platform blogger. Kalau kita membuat tulisan yang teroptimasi dan berkualitas, maka bisa jadi tulisan kita di bookmark dan pengunjung akan mengikuti langkah-langkah yang kita jelaskan dalam artikel kita.

Tetapi jika kita hanya asal-asalah dalam membuat judul, dan tidak memperhatikan isi artikel, maka pengunjung juga akan merasa bosan dan dengan segera menutup halaman blog anda.

Oleh karena itu, saya mengharapkan agar pembaca lebih memperhatikan Judul dan isi artikel agar pembaca merasa bahwa blog kita bermanfaat. Bahkan akan mengunjungi di lain kesempatan.

Gunakan Posisi yang tepat Untuk meletakkan Topik anda.


Menurut pandangan Mas Darmawan dalam blog panduanim.com, beliau menjelaskan bahwa judul = topik + kata hiasan.

Memang benar. Judul harus terdiri dari topik dan hiasan kata. jangan topik menjadi judul. Walupun tidak ada yang melarang tetapi kalau bisa di tambah dengan kata-kata yang bisa menarik perhatian pengunjung.

Topik bisa di tempatkan di depan, tengah atau belakang judul. Tetapi tetap memperhatikan kaidah penulisan yang benar. Jangan terkesan memaksakan kata kalau tidak sesuai dengan aturan. Sobat pasti tahu kaidah yang benar seperti apa.

Jangan lupa optimalkan dengan kata kunci blog sobat. Ingat, jangan membabi buta meletakkan kata kunci. Walaupun bagus di mata google tetapi tidak bagus di mata pembaca. 

Google menjelaskan bahwa dalam paragraf pertama agar memuat sampai 5 kata kunci. Memang baik, tetapi coba kalau pengunjung yang membaca. Tentunya akan sangat aneh artikel kita. Cukup memasukkan satu kata kunci yang tepat di artikel kita pasti semakin banyak yang membaca, akan membuat artikel kita berada di halaman depan search engine.

Artikel yang baik di mata search engine akan kalah dengan artikel yang baik di mata pengunjung. Jadi, menulislah yang baik agar pengunjung betah berlama-lama di blog sobat. Jadikan blog sobat daging semua. Jangan sampai ada duri. Apalagi sampai mencederai pengunjung.

Buat pengunjung Blog anda Merasa Terlibat


Melibatkan pengunjung juga sangat penting dalam meningkatkan SEO. Penulis yang bisa berinteraksi dengan pengunjung akan memudahkan mendapatkan komentar dari pembaca.

Caranya gimana mas ?

Buat sebuah pertanyaan yang di inginkan pengunjung. Seperti

"Apakah komputer anda sering Bluescreen? Mungkin tutorial berikut bisa membantu."

Judul yang berupa pertanyaan akan lebih di cari pengunjung. Pola 5W dan 1H juga sangat mudah di terapkan menjadi judul blog sobat. Tapi ingat jangan semua judul postingan blog anda adalah pertanyaan. Nanti blog anda jadi kelihatan aneh.

Buatlah judul blog berupa pertanyaan sewajarnya saja. Jangan semuanya. 

Kesimpulan


Kesimpulan saya dalam artikel ini adalah kita menulis artikel tanpa mengoptimasi judulnya akan membuat tulisan kita kurang di baca pengunjung. Judul yang pas dan teroptimasi akan sedikit mendongkrak posisi blog kita dengan catatan artikel kita bagus lho. Kalau cuma judulnya yang bagus buat apa. 

Sudah saya jelaskan di awal, bahwa di search engine pasti pengunjung akan melihat judul blog yang akan di baca. Tetapi tidak semua membaca artikel kita. Jadi tugas kita adalah bagaimana caranya agar kita mampu mengoptimasi judul kita agar pembaca tertarik dengan artikel kita.

Judul blog yang isinya melibatkan pengunjung juga perlu dilakukan dalam menulis judul yang baik.

Untuk artikel bagaimana cara menulis artikel yang baik akan saya bahas pada postingan di lain waktu. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Bagaimana Cara Menulis Judul Postingan Blog yang Mampu Menarik Minat Pembaca"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel