Blog anda Lemot? Coba Cara Berikut untuk Meningkatkan Kecepatan Blog Anda

Halo sobat blogger. Masih semangat ngeblog kan ? Jangan malas yah. Jangan kayak saya yang malas dan kurang ide.

Kali ini blog matematika akan membagikan sesikit tips dan trik bagaimana cara meningkatkan kecepatan blog anda. Perlu sobat ketahui bahwa jika blog anda lemot, maka anda harus bersiap-siap kehilangan pengunjung kesayangan anda. 

Tips berikut ini wajib anda lakukan dan ssaya jamin page speedspeed anda semakin meningkat.

Meningkatkan Kecepatan Blog


Meningkat kecepatan blog dilakukan agar blog kita semakin banyak di kunjungi dan terterlihat human friendly di mata google. Sebagus apapun artikel yang kita buat, jika blog anda lemot  maka sudah dipastikan pengunjung tidak betah berlama-lama di blog anda.

1.  Lakukan Analisis terhadap blog anda.


Analisis blog sangat perlu dilakukan agar kita mengetahui secepat apa blog kita. Analisis blog bisa sobat lakukan dengan menggunakan situs google page speed tools.

Google pagespeed tools


Google page speed tools adalah sebuah tools populer yang berfungsi menganalis blog kita mulai dari speed sampai pada perbaikan validasi. Dengan tools ini kita bisa melihat bagaimana kesalahan ataupun kelebihan blog kita.

Blog anda Lemot? Coba Cara Berikut untuk Meningkatkan Kecepatan Blog Anda

Tools ini juga menampilkan tampilan desktop dan mobile. Tampilan mobile ini yang biasanya sering bermasalah. Makanya dalam tools ini kita sangat terbantu untuk memperbaiki kesalahan pada blog kita.

Untuk mempercepat tampilan blog anda, saya menyarankan jangan terlalu banyak widget. Cukup artikel populer, artikel terbaru dan label.

Gtmetrix


Gtmetrx juga sebuah tools yang paling populer digunakan para blogger untuk mengetahui sejauh mana pagespeed blog anda. 

Dengan tools ini kita akan melihat peringkat blog kita berada dalam kategori normal atau tidak. Usahakan blog anda berada pada kategori B. Lebih bagus lagi jika sampai peringkat A.

Gtmetrix

Sobat blogger cukup memasukkan nama url blog dan lakukan analisis. Tunggu sebentar dan ssitus GTmetrix akan menganalisis blog anda dan mengukur sejauh mana kecepatan blog sobat.

Parameter yang di gunakan oleh situs GTmetrix ini adalah google pagespeed tools. Jadi sebenarnya sama saja. Tetapi GTmetrix menampilkan analisis yang cukup lengkap. Jika belum memuaskan, silahkan lakukan langkah selanjutnya.

2. Gunakan template blog yang mobile friendly


Template ibarat ibarat  rumah, dan blog adalah isi rumah. Sebelum pengunjung membaca artikel blog sobat, teelebih dahulu pasti pengunjung melihat template anda. Jika tampilannya bagus dan elegan, maka pengunjung akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di blog sobat.

Tetapi ingat, google sekarang sangat menyukai tampilan yang sederhana. Coba sobat perhatikan tampilan halaman google. Sangat sederhana bukan. Seperti itulah yang diinginkan google. Tetapi kita jangan mengabaikan yang disukai pengunjung yah.

Nah saat ini banyak template mulai dari yang gratis sampai yang berbayar sudah berhamburan di internet. Sobat harus memilih template yang mobile friendly supaya gampang di akses pengguna baik lewat smartphone maupun laptop.

Perlu sobat ketahui bahwa saat ini pengguna internet lebih banyak dari smartphone. Penggunaan template yang pas dan cocok akan mempengaruhi pageview blog anda.

Saya pribadi menggunakan template blog premium dari mas sugeng yang di beri nama viomagz. Tampilan template viomagz selain mobile friendly, juga terbukti sangat cepat atau dikenal dengan fast loading. 

Bagi sobat yang menginginkan template ini bisa membelinya di blog mas sugeng dengan harga Rp 190.000. Murah tapi berkualitas. Setelah itu lihatlah blog anda. Pasti memuaskan tampilannya. Sederhana dan terterlihat elegan.

Baca juga : 



3. Optimalkan gambar dalam blog anda


Jika sudah ganti template tetapi masih juga skor analisis kita di bawah C maka langkah selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan gambar dalam blog anda. Gambar yang anda upload haruslah sudah di kompres di bawah 100kb agar blog tidak keberatan mengakses gambar anda.

Paling tidak gambar tersebut bisa terlihat jelas oleh pengunjung dan tidak kabur. Gambar dengan ukuran dan resolusi gambar yang besar bisa mempengaruhi kecepatan blog anda.

Jangan lupa gunakan gambar format jpg atau ong. Usahakan jangan gunakan gambar bergerak atau gif. Karena lumayan berat di akses.

Intinya adalah gunakan gambar seperlunya. Jangan berlebihan. Intinya gambar juga harus mewakili informasi artikel yang anda tulis.

Jangan lupa mengisi atribut gambar anda biar terindeksi mesin pencari google. Untuk optimalisasi SEO untuk gambar akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

4. Jangan gunakan iklan yang berlebihan  


Penggunaan iklan yang berlebihan juga sangat mempengaruhi loading blog sobat . Penggunaan iklan yang membabi buta juga sangat mengganggu pandangan pengunjung dalam membaca artikel anda.

Gunakan iklan sewajarnya. Gunakan 3 iklan yang paling strategis yakni di sidebar, di bawah judul, ditengah artikel dan di bawah artikel.

Pembahasan mengenai lokasi iklan yang strategis akan saya bahas juga pada postingan tersendiri di blog ini

Baca juga : menempatkan iklan adsense 

5. Kurangi Penggunaan Css dan Javascript


Penggunaan css dan javascript yang berlebihan juga sangat mempengaruhi blog anda. Saya tidak terlalu detail membahas ini mengingat saya sribadi kurang menguasai masalah ini. Intinya jika ada code java script dan css anda bisa mengkomres di situs yang disediakan. Silahkan googling di internet jika anda ingin mengkompres java script dan css anda.

Kesimpulan


Kesimpulan saya adalah blog anda ingin fast loading. Silahkan gunakan template yang bagus. Jangan lupa optimalkan gambar di blog anda. Jangan lupa gunakan iklan seperlunya. Jangan membabi buta menggunakan iklan padahal itu mengganggu kenyamanan pengunjung. 

Terakhir, saya menyarankan kepada sobat blogger jangan terlalu memperhatikan tampilan blog. Karena anda bisa-bisa tidak jadi nulis artikel. Update lah artikel anda secara berkala jika anda ingin bersaing dengan blog lain. Minimal update update artikel sehari sekali. Jika tidak mampu bisa 3 hari sekali atau 1 minggu sekali.

Artikel yang selalu terupdate akan memberikan keuntungan tersendiri bagi blog anda. Ingat, update artikel original dan berkualitas. Jangan copy paste karena akan menurunkan kualitas blog anda di mata google.

Terakhir, selamat ngeblog untuk sobat blog yang ingin berbagi pengetahuan. Jangan berorentasi uang. Tapi niatkan berbagi untuk meningkatkan pengetahuan.

0 Response to "Blog anda Lemot? Coba Cara Berikut untuk Meningkatkan Kecepatan Blog Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel