Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Peserta UKG Kita ?

1:57:00 PM
Halo sobat blogger. Kali ini blogmatematika akan membagikan sebuah postingan dengan tema bagaimana cara Mengetahui nomor peserta UKG. Padahal nomor UKG digunakan dalam kelangsungan kegiatan SIM-PKB atau dalam bahasa kerennya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 

Bagi guru yang sudah sertifikasi, Nomor UKG ini harus dimiliki dan wajib memiliki komunitas sendiri sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu. Syarat untuk masuk di layanan SIM-PKB adalah kita harus memiliki nomor UKG dan pasword yang bisa kita generate sendiri atau di buatkan oleh ketua komunitas kita.

Bagaimana Jika kita Belum Mengetahui Nomor UKG?


Pertanyaan diatas tentunya sering ditanyakan oleh para guru. Nah sebenarnya semua guru yang sudah terdaftar di dapodik pasti memiliki nomor UKG. Sekalipun belum mengikuti UKG tahun 2015, pasti ada. Yang penting adalah sudah terdaftar di dapodik.

Yang lebih lucu lagi adalah kita tidak mengikuti UKG tahun 2016 tetapi muncul nomor peserta UKG. Nah ini tentunya yang jadi sorotan bahwa sebenarnya UKG tahun 2016 tetap ada tetapi kita tidak melaksanakannya. Entah karena sesuatu dan lain hal.

Hal yang terpenting adalah kita selalu mengikuti perkembangan pendidikan melalui media internet baik itu media sosial berupa facebook ataupun media sosial yang lain. Kalau hanya mengharapkan dari pemerintah daerah yah kita bisa ketinggalan kereta.

Nah intinya dari pertanyaan diatas adalah kita semua punya nomor UKG asalkan sudah terdaftar di dapodik. Lalu bagaimana cara melihatnya padahal kita tidak pernah ikut UKG ?


Bagaimana Cara Mengetahui Nomor UKG Kita ?


Melihat nomor UKG sebenarnya sangat mudah. Mengapa saya bilang mudah ? Karena Nomor UKG sudah ditentukan oleh pusat dan kita tinggal mengaksesnya. Sekalipun kita belum pernah ikut UKG pasti ada.

Tahun 2015 memang pernah ada UKG dan semua guru terdaftar disitu. Kemudian tahun 2016 UKG tidak dilaksanakan dengan kendala satu dan lain hal. Nah disinilah kesulitan guru-guru untuk melihat Nomor UKG mereka jika tahun 2015 tidak mengikuti UKG.

Adapun cara mengetahui Nomor UKG kita adalah sebagai berikut :

# Langkah pertama silahkan buka situs SIM-PKB dan langsung masuk ke Registrasi Akun.

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Peserta UKG Kita ?


# Dihalaman registrasi akun silahkan klik Cari No. UKG

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Peserta UKG Kita ?



# Di pencarian data GTK Silahkan ketikkan nama, Propinsi dan Kota/Kabupaten Kemudian klik Cari GTK Maka nama anda akan muncul.

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor Peserta UKG Kita ?



Biasanya muncul beberapa nama. Tinggal sesuaikan saja dengan nama anda masing-masing. 

Nah, setelah kita mengetahui nomor UKG kita, selanjutnya adalah melakukan registrasi akun kita untuk bisa masuk di situs SIM-PKB.

Perlu diketahui bersama bahwa Info GTK sekarang hanya bisa diakses melalui situs SIM-PKB. Nah syaratnya anda harus memiliki akun PKB dan terdaftar di komunitas. Bagi anda yang sudah sertifikasi, silahkan segera mendaftarkan akun anda untuk bisa mengakses layanan GTK anda agar sertifikasi anda bisa cepat dicairkan.

Untuk mendaftar di layanan SIM -PKB bisa di postingan selanjutnya.. Terima kasih.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »