Migrasi dari Blogger ke Wordpress Self Hosting

Halo sobat blogger semuanya, Tepat pada hari rabu tanggal 7 Desember 2016 saya menyewa domain dan hosting yang baru dan berencana akan pindah rumah ke wordpress self hosting. Saya menyewa domain dan hosting di idwebhost.com (salah satu tempat sewa hosting langganan saya) pada hari itu juga. Setelah di konfirmasi bahwa akun telah aktif maka saya langsung action untuk mengelola cpanel saya dan langsung saya install dengan wordpress.

Setelah selesai install wordpress saya mulai memigrasi seluruh artikel saya di blogger. Jumlahnya lumayan gak terlalu banyak sih. Cuma 246 postingan mungil yang terdiri dari equation matematika. Namun dari impor yang saya lakukan itu tidak berjalan sempurna. Melainkan sangat mengecewakan. Dengan sangat terpaksa saya harus mengeditnya satu persatu agar terlihat profesional postingannya.




Alasan utama saya pindah dari blogger ke wordpress sebenarnya alasan klasik saja. Mengingat blog saya yang lama domainnya sudah di blog oleh adsense, maka saya berencana untuk membeli lagi domain baru sekalian dengan hostingnya dan ingin mencoba wordpress.

Wordpress sebenarnya bukan hal yang baru buat saya. Saat kuliah dulu saya sering sekali berotak-atik dengan wordpress. Namuh hal itu sudah saya tinggalkan setelah lulus kuliah dan sekarang saya ingin memulainya lagi. Mudah-mudahan tidak ada yang terlupa.

Wordpress memang terkenal dengan kemewahannya dalam dunia blogger. Plugin-Plugin yang cukup banyak sangat memanjakan para pengguna wordpress. Tentunya sebelum menggunakan wordpress ini minimal harus memiliki internet yang kenceng dan bekal yang cukup untuk mengelola blog anda menjadi bagus. Saya sendiri memilih tema Genesis atau lebih detail lagi child genesis (anak dari tema genesis itu sendiri). Intinya yang penting tema yang kita gunakan harus SEO Friendly, Responsif, fast loading, dan tidak norak yah. hehe :D

Adapun plugin saya hanya menggunakan beberapa saja plugin yang menurut saya penting dalam optimasi SEO dan kebutuhan pembaca yang lain.


Rencana Ke depan dengan Blog Wordpress


Sebenarnya saya enggan untuk mengganti domain. Mengingat domain saya sudah memiliki ranking yang bagus di google. Page Authority dan Domain Authority sudah lumayan serta visitor yang sudah mencapai 500 PV per harinya. Tinggal memoles lagi supaya bisa mencapai 1000 PV per harinya. Tapi apalah daya ternyata domain itu sudah di blok google adsense alias tidak bisa menampilkan iklan adsense.

Menurut saya memang bukan tujuan utama di adsense tapi sembari ngeblog minum air, itulah yang saya rasakan saat ini. :D . Semoga dengan berpindah domain ini akan saya kelola blog dengan baik, dan postinganya jauh lebih berkualitas serta jauh dari plagiasi.

Rencana ke depan ini saya akan mencoba memposting 1 hari sekali ataupun paling lambat seminggu sekali posting artikel di blog ini. Tujuan saya pindah ke wordpress adalah supaya saya lebih fokus dan bersemangat dalam ngeblog lagi. Mudah-mudahan itu bisa terlaksana dengan baik.

Blog ibarat seperti rumah buat saya di dunia maya. Jika ada sesuatu yang perlu di tulis pasti saya akan menuliskannya di dalam blog. Untuk blog ini sendiri memang ber niche matematika, namun saya tetap akan menuliskan tutorial blog, pengalaman, sharing dan lainnya agar tidak jenuh dan mumet. Kalau matematika terus nanti bisa stress lho. :D


Penutup


Demikian curhatan saya dalam ngeblog. Mudah-mudahan kedepannya saya bisa serius ngeblog sekalipun sangat sibuk di dunia nyata tapi tetap meluangkan waktu untuk rumah kedua saya ini. Postingan kedepan akan lebih saya utamakan dengan postingan yang berkualitas dan tentunya tetap memperhatikan SEO agar blog ini cepat ke indeks google dan memiliki peringkat yang bagus di DMOZ.  Minta bantuan rekan-rekan blogger untuk memberikan backlinknya yah ke blog ini. hehehe

Semoga apa yang kita lakukan senantiasa mendapatkan berkah dari Allah swt. Apa yang kita lakukan ini murni untuk berbagi kepada teman-teman blogger yang membutuhkan dan sharing pengalaman.

Jika ada yang ingin menanyakan seputar matematika, blog, artikel, sains, $\LaTeX$ silahkan berkomentar di bawah. Terima Kasih