Segera Cek Status NUPTK Anda Aktif Atau Tidak. Berikut Langkahnya

Halo sobat blogger yang saat ini merangkap sebagai guru atau tenaga kependidikan. Tentunya syarat sebagai pendidik adalah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga kependidikan (NUPTK). NUPTK Sebagai Syarat sah seorang guru menjadi pendidik. Ibarat seorang pengendara motor harus memiliki SIM.

NUPTK adalah nomor unik yang terdiri dari 16 digit angka yang berakhiran 2 atau 3. Saya pribadi tidak tahu makna dari angka-angka NUPTK yang diberikan mengingat angka tersebut adalah angka acak. Tidak ada hubungan dengan tanggal lahir ataupun identitas lainnya. Intinya, NUPTK adalah nomor unik yang diberikan oleh dirjen GTK kepada pendidik yang sudah dinyatakan layak mendapatkannya.

Sah-sah saja seorang guru tidak memiliki NUPTK. Mengingat Syarat utama seorang guru adalah Lulusan S1. Ibarat kita naik motor tidak memiliki SIM tidak ada masalah. Tetapi nanti pada akhirnya kita akan terbentur dengan aturan dan akan menjadi bumerang bagi kita.

Pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan tips bagaimana mengusulkan NUPTK melalui verval PTK. Tidak ada jalan lain mengusulkan NUPTK selain melalui verval PTK.

Baca Juga : Pengusulan NUPTK Melalui Situs Verval PTK Online

Bagi sobat yang sudah keluar NUPTK nya silahkan bisa mengecek apakah NUPTK sobat dinyatakan aktif atau tidak. NUPTK yang dinyatakan aktif memiliki keuntungan diantaranya bisa mendaftar PPG dalam jabatan sekalipun kita belum berstatus PNS.

NUPTK juga berguna pada saat pendaftaran CPNS sekalipun tidak menjadi prioritas, mengingat lulus CPNS harus Lulus SKD dan SKB. Tergantung jumlah formasi yang di butuhkan. NUPTK bisa di inputkan saat mendaftar CPNS. Tetapi jangan terlalu berharap yah. Tidak menjadi PNS pun kita masih bisa hidup kok.

Cek Status NUPTK di Situs GTK


Adapun cara cek status NUPTK di situs GTK adalah sebagai berikut.

1. Silahkan buka halaman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

Segera Cek Status NUPTK Anda Aktif Atau Tidak


2. Tunggu beberapa saat dan silahkan isikan NUPTK anda kemudian enter seperti pada gambar berikut.


3. Tunggu beberapa saat dan situs menampilkan NUPTK beserta informasi penting anda. Lihat statusnya apakah aktif atau tidak. Jika masih aktif berarti anda masih aktif di dapodik. Jika tidak berarti anda sudah tidak aktif lagi.


4. Silahkan koordinasi dengan operator dapodik sekolah anda jika anda masih aktif tetapi NUPTK anda dinyatakan tidak aktif.

Demikian postingan saya tentang Cek Status NUPTK Anda Aktif Atau Tidak. Semoga bisa membantu sobat blogger yang memiliki NUPTK dan aktif kembali pada proses pembelajaran.

Jangan lupa cek aartikel kami yang lain, semoga bermanfaat

Baca juga : 

  1. Mudahnya Membuka Info GTK v.2019.1.1 Melalui Aplikasi Data Dikdasmen
  2. Mengetahui Nomor Peserta UKG Kita

0 Response to "Segera Cek Status NUPTK Anda Aktif Atau Tidak. Berikut Langkahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel