Pembahasan Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA Lengkap Format PDF

Halo sobat blogger sekalian. kali ini saya akan memposting tentang Pembahasan Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA Lengkap Format PDF. Perlu diketahui bahwa pembahasan kali ini menurut pemahaman saya. Jika ada yang salah bisa langsung di koreksi di kolom komentar yah.

Ujian nasional yang sudah di depan mata mengingatkan saya pada tahun 2007 yang lalu. Belajar mati-matian bukan untuk sekedar lulus melainkan harus bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa masuk di perguruan tinggi idaman kita.

Pembahasan Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA Lengkap Format PDF

Soal Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA ini terbilang cukup kompleks sesuai dengan kisi-kisi SKL yang dikeluarkan oleh BSNP. Soal-soal HOTS yang di sajikan juga cukup menantang pemahaman kita di bidang matematika. Bahkan saya sendiri menganggap apakah siswa mampu mengerjakan soal ini ? 

Soal-soal HOTS dalam soal ini sebenarnya adalah soal rutin yang bisa kita kerjakan jika kita memiliki pemahaman yang cukup.  Beberapa soal HOTS dalam soal yang disajikan pak Anang yang sudah saya bahas adalah sebagai berikut 

Perhatikan gambar berikut ! 


Gambar (a) menunjukkan gerak semu matahari adalah kedudukan matahari sepanjang tahun dilihat dari Bumi. Pada tanggal 21 Maret dan 23 September, matahari akan berada di atas khatulistiwa. Pada tanggal 21 Juni, matahari akan berada di daerah belahan bumi utara dengan garis lintang 23,5$^{\circ}$ LU. Sedangkan pada tanggal 22 Desember, matahari akan berada di daerah belahan bumi selatan dengan garis lintang 23,5$^{\circ}$ LS. Jika gerak semu matahari merupakan grafik sinusoidal seperti pada gambar di atas dan gambar (b) menunjukkan kota Lima, ibu kota negara Peru, terletak di koordinat 11,75$^{\circ}$ LS, maka diperkirakan matahari akan tepat berada di atas kota Lima pada pukul 12 siang pada tanggal ......

Jawaban : 

Soal ini berada pada kategori HOTS. Tetapi kita bisa menyelesaikannya dengan mudah dengan melihat petunjuk pada soal.

Karena kota Peru berada pada posisi $11,75^{\circ}\: LS$ yakni antara garis khatulistiwa dan garis $23,5^{\circ}\: LS$. Jika kita lihat grafik (a) pada soal kita bisa sedikit mengambil petunjuk bahwa matahari tepat berada di atas kota Lima diantara 23 september dan 22 Desember.

Sekarng kita perhatikan grafik berikut


Pembahasan Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA Lengkap Format PDF


dari grafik diatas, terlihat bahwa 23 September berjumlah 7 hari, Bulan Oktober 31 Hari, Bulan November 30 Hari dan 22 Desember sebanyak 21 Hari. Jika kita jumlahkan maka diantara 23 september dan 22 Desember sebanyak 89 hari. Setengah dari 89 hari adalah 45 hari.



Jadi, 45 hari setelah 23 september adalah tanggal 7 November.

Bagimana ? Mudah bukan ??


Pembahasan Bocoran UN Tahun 2019 Matematika SMA Program IPA Lengkap Format PDF


Pembahasan ini saya tilis dengan menggunakan format  typesetting $\LaTeX$ yang sudah saya convert menjadi PDF. jadi bisa di buka menggunakan adobe reader, focit rider dan lain-lain. Bisa di buka juga di smartphone teman-teman kok.

Pada postingan yang lalu saya juga pernah membahas nomor 1-10 saja. Kali ini saya langsung convert ke format PDF saja. Tetapi masih ada 1 nomor yang belum saya bahas. Mudah-mudahan kalau idenya cepat dapat segera saya update pembahasannya.

Bagi teman-teman yang berminat monggo unduh saja di tautan di bawah ini. Gratis kok.





EmoticonEmoticon