4 Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Matematika Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa matematika adalah sebuah pelajaran yang di anggap momok oleh para siswa. Kali ini, Blog Matematika akan mencoba memberikan sedikit tips cara meningkatkan kemampuan matematika anda. Khususnya para siswa yang menganggap matematika itu lumayan sulit dan susah untuk di pahami. Sedikit tips mungkin akan menjadikan matematika sebagai pelajaran yang anda cintai.

4 Tips Ampuh Meningkatkan Kemampuan Matematika Anda

Berikut Cara Meningkatkan Kemampuan Matematika Anda


Berikut ini beberapa tips yang bisa anda aplikasikan untuk meningkatkan kemampuan anda dalam bermatematika.

1. Mengasah Otak ber Matematika Anda


Mengasah otak bermatematika anda bisa dilakukan dengan beberapa hal. Diantaranya adalah sebagai berikut !

Bermain game matematika.


Bermain game yang berhubungan dengan matematika tentunya akan mengasah otak bermatematika anda. Game yang berhubungan dengan matematika tentunya banyak di internet yang bisa anda cari di google. Dengan bermain game yang berhubungan dengan matematika akan membuat kemampuan otak anda meningkat. Pasti


Buat matematika menjadi bagian dari hidup Anda


Nah ini yang terkadan para siswa susah mengaplikasikannya. Menjadikan matematika sebagai bagian dari kehidupan memang tidak segampang menjadikan musik dalam kehidupan. Musik memang sudah menjadi bagian dari hidup kita. Tetapi matematika tentu susah.

Cara sederhana adalah dengan melihat harga pakaian di swalayan. Jika ada diskon cobalah anda untuk mencoba-coba untuk menghitungnya. Cara tersebut secara tidak langsung akan membuat anda semakin terbiasa untuk melakukannya. Cara lain, tentunya anda bisa bertanya pada diri sendiri.


Perhatikan gambaran besar pada soal


Pada umumnya soal matematika tidak perlu kita pahami sepenuhnya. Gambaran secara umum dari soal kemudian kita kaitkan dengan teori yang sudah pernah kita pelajari pasti dengan mudah kita akan bisa menjawabnya.


2. Bersiap Sebelum Belajar di Kelas


Persiapan sebelum belajar di kelas juga menentukan kemampuan bermatematika anda. Aktif di dalam kelas, memiliki buku catatan yang rapi ataupun memiliki buku pegangan sendiri tentunya akan memberikan nilai plus untuk anda.


Siapkan buku tulis atau binder yang rapi


Tidak dapat dipungkiri, catatan akan membuat anda semakin mudah dalam mempelajari matematika. Hal yang terjadi sekarang adalah rata-rata siswa tidak mau mencatat dengan alasan kita sudah punya foto copy. Sebenarnya dengan mencatat kita sama saja dengan belajar mandiri tak sengaja.


Buat jadwal belajar


Jadwal belajar juga akan membuat kita semakin terbiasa dengan siklus kehidupan di dunia pendidikan. Jadwal belajar yang baik dan rutin tentunya akan mengalahkan belajar semalam. Belajar sebentar saja tetapi rutin akan mengalahkan belajar yang lama tetapi dilakukan sebulan sekali misalnya. Stop sistem kebut semalam yah.


Baca materi Anda sebelum dibahas di kelas


Nah. Pada tahapan ini tentunya anda pasti tau. Siswa yang lebih siap adalah siswa yang membaca materi sebelum diajarkan di kelas. Ketika guru menjelaskan dan kita kurang mengerti bisa langsung di tanyakan. Anda pasti setuju dengan pendapat saya yang ini.


Pelajari ulang catatan Anda sebelum masuk kelas


Yah. silahkan anda pelajari ulang catatan anda sebelum masuk kelas. Lebih baik lagi jika anda sudah mempersiapkan catatan-catatan kecil untuk pertanyaan di kelas.


3. Belajar di Dalam Kelas


Di dalam kelas merupakan saat yang paling menentukan kemampuan anda dalam matematika. Siswa yang cenderung aktif akan kelihatan jika dia sudah mempersiapkan materi di awal sebelum masuk kelas. Belajar di dalam kelas secara aktif juga akan membuat anda  lebih mudah memahami soal-soal yang di berikan oleh guru anda.


Jangan terlambat masuk kelas


Nah ini dia yang sering membuat para siswa jatuh bangun mempelajari matematika. Hal sepele ini akan membuat kemampuan matematika anda menurun. Tidak dapat dipungkiri ketika kita terlambat masuk kelas maka kita akan ketinggalan materi seterusnya. Apalagi tidak masuk kelas. Wahh... anda pasti ngerti deh akibatnya.


Kembangkan cara mencatat yang bagus


Sudah saya jelaskan di atas tadi usahakan kita memiliki catatan yang bagus supaya kita pada saat belajar nyaman. Catatan yang kurang bagus membuat kita bosan dan cepat mual dengan materi-materi matematika. So.. Catat yang bagus-bagus ya..


Bertanya


Nah, ada pepatah mengatakan "malu bertanya sesat di jalan". Pepatah ini tentunya akan memotivasi anda untuk banyak bertanya. Bertanya sesuatu yang belum di pahami akan membuat kita lebih gampang mengerti.



4. Latihan Setelah Selesai Belajar di Kelas


hal yang paling penting dalam belajar matematika adalah belajar di luar kelas. Memilih metode yang tepat untuk belajar akan membuat anda lebih menciantai matematika. Tanamkan  dalam diri anda "Saya mencintai matematika" Pasti akan di mudahkan..

Berikut adalah cara latihan setelah kita selesai belajar di dalam kelas

  • Prioritaskan belajar matematika 
  • Buat kebiasaan belajar yang baik 
  • Baca buku dengan efisien 
  • Kuasai satu konsep sebelum pindah ke konsep berikutnya 
  • Selesaikan soal secara rapi dan menyeluruh 
  • Buat rencana dalam menyelesaikan tiap soal.
Itulah tadi beberapa cara meningkatkan kemampuan matematika anda. Semoga bermanfaat yah...