4 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Lulus SMA/SMK

Bulan maret adalah bulan yang paling menentukan bagi siswa sekolah menengah. Kenapa ? karena di bulan maret ujian-ujian untuk kelas XII sudah mulai di laksanakan, mulai ujian Kompetensi Kejuruan (Untuk SMK), Ujian praktek, Try Out, Ujian Sekolah sampai terakhir Ujian Nasional (UN). Nah di saat anda sudah selesai ujian UN pasti anda berpikir "habis ini saya mau kemana".


4 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Lulus SMA/SMK


Pengalaman saya dulu ketika sudah lulus SMA, saya masih bingung menentukan pilihan. Ikut teman kuliah ke Palu atau ke Makassar. Dengan berat hati saya memutuskan untuk berangkat ke Makassar. Ternyata setelah akan berangkat tidak jadi. dan Akhirnya saya memutuskan ikut teman saya berangkat ke Gorontalo. Kuliah ngambil Matematika.

Dalam benak saya, sebenarnya saya tidak mau ngambil jurusan itu yang terkenal susah. Tetapi dengan modal kelulusan saya dalam program PPSB (Program penjaringan Siswa Berprestasi) saya memberanikan diri untuk berangkat ke Gorontalo dan mengambil jurusan Matematika.

Singkat cerita ternyata saya harus kuliah selama hampir 6 tahun. (Lho kok Lama). Ternyata banyak faktor-faktor yang berpengaruh dalam kita mengambil jurusan saat kuliah. Tidak mempertimbangkan di satu sisi tetapi sedikitnya ada 4 hal yang perlu anda perhatikan dalam mengambil keputusan setelah anda lulus Sekolah SMA/SMK.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Lulus Sekolah Menengah


Sedikitnya ada 4 hal yang perlu anda perhatikan setelah lulus sekolah menengah atas atau sekolah menengah kejuruan. Setidaknya anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Gagal merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan.  Nah kali ini blog matematika akan mecoba mengupas sedikit hal yang harusnya perlu anda persiapkan setelah lulus SMA/SMK

1. Keinginan Hati


Keinginan hari memang tidak bisa kita pungkiri. Jika kita menginginkan A kemudian di arahkan ke B mungkin saja bisa tetapi dalam hati timbul perasaan dongkol dan tidak suka. Sebagai contoh Teman saya sebenarnya pengennya di jurusan Geografi tetapi dia lulus di jurusan penjaskes. Bisa saja diterima tetapi berat rasanya melakukan sesuatu yang kita tidak inginkan sebelumnya.

2. Kemampuan Diri Kita


Selain keinginan hati, tentunya hal yang paling penting adalah kemampuan diri kita. Kita memilih jurusan Teknik Informatika tetapi kita sama sekali tidak pernah pegang komputer. Tentunya ini akan menjadi penghambat kita nantinya. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan diri kita supaya kita tidak kesulitan di masa mendatang. Sekalipun jurusan itu memiliki prospek yang bagus tetapi jika kita tidak mampu di bidang itu maka kita akan menjadi mahasiswa "karbitan" nantinya.

3. Restu dari Orang Tua


Paling utama juga adalah restu dari orang tua. Restu dari orang tua adalah penentu segalanya. Mungkin anda pernah membaca novel "Si Anak Singkong - Chairil Tanjung" yang mengatakan semua kesuksesannya atas dasar restu dan izin dari orang tua. Oleh karena itu sebelum anda kuliah mintalah restu dari orang tua anda. Jika orang tua merestui pasti anda akan di mudahkan dan dilancarkan dalam akademik kalian.

4. Biaya


Hal terakhir adalah masalah biaya. Biaya memang merupakan hal yang paling urgen dalam melanjutkan studi. Sekalipun 3 hal sudah kita miliki, tetapi jika tidak ada biaya pastilah kita akan macet dan terkendala. Walaupun sekarang sudah ada beasiswa bidik misi, tetapi hal tersebut tidak semua orang bisa mendapatkannya. Hanya orang-orang yang beruntung saja yang mendapatkan beasiswa tersebut. Bagi kita di daerah pedesaan tentunya akan sangat lambat akses informasinya.

Demikian penjelasan saya tentang 4 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Setelah Lulus sekolah SMA/SMK. Semoga anda bisa terhibur dengan tulisan ini dan mulai merencanakan dengan baik masa depan anda.