Cara Ampuh Mengatasi NSIS ERROR Saat Menginstal Software di Windows

6:47:00 AM
Halo sobat blogger semua. kali ini saya akan membagikan artikel tentang bagaimana cara mengatasi NSIS ERROR saat kita menginstal aplikasi. Kejadian ini saya temui ketika saya akan menginstal sebuah software gratis yaitu photoscape. Ketika akan menginstal maka muncul peringatan NSIS ERROR. Saya pun bingung. Coba-coba aplikasi yang lainnya juga muncul NSIS Error salah satunya program $Lyx$, $TexMaker$, photoscape dan lain-lain.

Saya berpikir bahwa program tersebut error dan sudah tidak bisa di gunakan. Iseng-iseng buka google, ternyata aplikasi tersebut masih dapat kok digunakan. Berikut penjelasannya.


Apa Sih NSIS itu ?


NSIS adalah salah satu perangkat lunak pendukung pada sistem operasi terlaris saat ini yakni Windows. NSIS hampir sama fungsinya dengan perangkat lunak pendukung lainnya di Windows, seperti Direct,OpenGL,Microsoft .NET dll. Pada setiap windows yang melakukan Install update otomatis NSIS juga akan di update versinya dengan versi yang lebih baru dan Komplatibel.

Masalahnya adalah kebanyakan kita menggunakan Windows non ori yang diaktivasi dengan melewati Aktiv*t*r , sehingga ketika menginstall suatu software yang memerlukan beberapa program lainya secara online otomatis Windows Corp akan memblokir Software tersebut dan mengUnregister kembali windows anda .


Masalah yang terjadi


Kembali lagi pada permasalahan di awal, bahwa ketika saya akan menginstal photoscape ternyata muncul seperti ini.


Cara Ampuh Mengatasi NSIS ERROR Saat Menginstal Software di Windows



Solusinya adalah


Setelah mencari-cari lewat google, akhirnya saya menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Yakni dengan sedikit mengubah pengaturan pada programnya dan sedikit bermain lewat CMD. Oke kita lihat dulu

Langkah Pertama adalah silahkan ada salin dan tempatkan aplikasi anda di tempat yang mudah di jangkau seperti drive D atau E. Saya contohkan disini aplikasi saya tempatkan di Drive D.

Cara Ampuh Mengatasi NSIS ERROR Saat Menginstal Software di Windows


Langkah selanjutnya silahkan klik kanan pada aplikasi tersebut kemudian Pilih Properties. Silahkan pilih tab Compability dan pada privilege Level silahkan centang Run This Program as an Administrator. Silahkan klik Apply dan Klik OK



Kemudian silahkan masuk CMD dengan cara tekan di keyboard tombol Windows + R kemudian ketikkan CMD.





Ketika sudah muncul jendela CMD silahkan pindah di drive D tempat meletakkan aplikasi tadi dengan cara ketikkan D: kemudian enter.

Dalam drive D silahkan anda ketikkan nama aplikasi anda tadi atau lebih enaknya silahkan tekan tombol tab di keyboard berulang-ulang sampai mendapatkan aplikasi yang akan diinstal tadi. Kemudian spasi /NCRC kemudian tekan Enter. Contoh :




Setelah anda menekan enter, maka akan muncul jendela instal dan tentunya anda sudah bisa melakukan instal aplikasi tersebut hingga finish.

Sebenarnya cara menginstalnya sama saja dengan saat software tersebut belum NSIS Error. namun hanya proses penginstalannya saja yang berbeda yakni dengan menggunakan CMD. Silahkan dilanjutkan prosesnya hingga finish instalasi. dan anda bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa hambatan.

Demikian tutorial tentang cara mengatasi NSIS Error. Mudah-mudahan bisa berguna bagi sobat-sobat blogger yang mengalami masalah yang sama. Semoga kedepannya blog ini akan memberikan yang lebih bermanfaat untuk kita semua. Bagi sobat-sobat blogger semua yang ingin memberikan pertanyaan maupun saran silahkan coret-coret pada kolom komentar dibawah ini.


"Update 04 Juli 2018"

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »