Cara Mengembalikan Recovery Mode (Icon Android Error) di Android AsusZe550ML atau Ze551ML

Smartphone atau dalam bahasan Indonesia disebut dengan ponsel pintar memang sudah merambah kemana-mana. Pengguna smartphone ini ya dimulai dari orang tua, dewasa, remaja, anak-anak bahkan bayi pun sudah menggunakan smartphone ini. Memang semenjak android diperkenalkan di Indonesia maka omset penjualan HP android sangat luar biasa. Apalagi di Indonesia yang mayoritas adalah pengguna produk bukan pencipta produk.

Kali ini saya akan mencoba membahas salah satu varian smartphone yang cukup ampuh buatan negara Taiwan yaitu ASUS. Karena saya pengguna HP ASUS ZE550ML maka saya akan sedikit menguraikan masalah yang pernah terjadi di Smartphone saya yaitu tidak bisa masuk ke Recovery Mode (icon android error).



HTML5

Singkat cerita saya di iming-imingi dengan tampilan terbaru android Marshmallow 6.01 yang katanya sangat woow. Akhirnya saya berencana mengupgrade smartphone saya ke OS 6.01. Setelah sekian lama mencari tutorial mengupgrade ke Marshmallow maka saya menemukan video di youtube yang cukup pas karena sama dengan tipe HP saya. Tapi saya sebelumnya ingin mereset terlebih dahulu HP saya dengan harapan pas upgrade langsung seperti HP baru lagi. Namun sebelum Reset Factory saya mencoba untuk membersihkan cache-cache setingan sebelumnya dengan menggunakan wipe cache. Karena terlalu lama saya tidak sabar dan menekan secara paksa tombol power agak lama dan HP saya langsung mati. Ketika saya nyalakan langsung muncul icon android bertuliskan error (berhenti disitu aja).

Dengan panik maka saya langsung searching ke google mencari solusi. hampir 4 jam lamanya mencari akhirnya menemukan artikel yang pas dan saya langsung praktekkan. OK Langsung saja

1. Sobat Pastikan Laptop/PC memiliki OS windows 7 keatas

2. Langkah selanjutnya Download & instal intel USB driver di Laptop/PC

3. Langkah berikutnya Download Flash Tool & ekstrak file jadikan 1 folder

4. Kemudian Matikan HP & masuk ke Fastboot mode (Tekan tombol power & volume up, lalu lepaskan tombol power setelah ada getar 2x)

5. Silahkan Sambungkan kabel USB Laptop/PC ke HP

6. Tekan shift(tahan) & klik kanan, pilih Open Comand Window Here

7. Kemudian Keluar command prompt dan ketik “fastboot erase cache“(tanpa tanda petik)

8. Tunggu beberapa menit (sekitar 10 menit), Setelah finish Matikan HP secara paksa (tekan tombol power sampai mati)

9. Nyalakan HP dan masuk ke recovery mode

Silahkan sobat nyalakan HP sobat kemudian masuk ke Fastboot mode  dan Pasti langsung bisa masuk Recovery Mode. Nah kalau recovery mode sudah muncul maka kita bisa bebas ngapa-ngapain aja dengan HP kita.


Catatan : Untuk Software Intel USB driver dan Flash tool silahkan searching di google


Untuk tutorial upgrade ke Marshmallow nanti akan saya posting ke Postingan selanjutnya dan terbukti berhasil. OK Sekian dulu.