Modul Perakitan Komputer Untuk SMK Kelas X Kurikulum 2013

Modul selanjutnya yang saya upload ini adalah materi kejuruan SMK Multimedia yang pernah saya ampu semester genal tahun pelajaran 2015/2016 kemarin. Modul tersebut disusun berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik. Berikut penjelasan dari modul tersebut.

Penerapan kurikulum 2013 mengacu pada paradigma belajar kurikulum abad 21 menyebabkan terjadinya perubahan, yakni dari pengajaran (teaching) menjadi BELAJAR (learning), dari pembelajaran yang berpusat kepada guru (teachers- centered) menjadi pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student- centered), dari pembelajaran pasif (pasive learning) ke cara belajar peserta didik aktif (active learning-CBSA) atau Student Active Learning-SAL. Buku teks ″Perakitan Komputer″ ini disusun berdasarkan tuntutan paradigma pengajaran dan pembelajaran kurikulum 2013 diselaraskan berdasarkan pendekatan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar kurikulum abad 21, yaitu pendekatan model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains.

Penyajian buku teks untuk Mata Pelajaran ″Perakitan Komputer″ ini disusun dengan tujuan agar supaya peserta didik dapat melakukan proses pencarian pengetahuan berkenaan dengan materi pelajaran melalui berbagai aktivitas proses sains sebagaimana dilakukan oleh para ilmuwan dalam melakukan eksperimen ilmiah (penerapan scientifik), dengan demikian peserta didik diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta, membangun konsep, dan nilai-nilai baru secara mandiri.

HTML5


Perakitan komputer adalah salah satu mata pelajaran wajib dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI). Berdasarkan struktur kurikulum mata  pelajaran  perakitan komputer disampaikan  di  kelas  X semester  satu  dan semester  dua masing-masing  4  jam  pelajaran. Untuk semester  1  topik  materi pembelajaran menekankan pada pengenalan komponen-komponen yang ada pada komputer  dan  proses  perakitan komputer. Sedangkan  untuk  semester 2 topik  materi pembelajaran menekankan pada  pengujian  hasil  perakitan  dengan melakukan instalasi sistem operasi, instalasi periferal dan program aplikasi.

Pembelajaran  perakitan  komputer  ini menggunakan  metode  pendekatan scientifik.  Dalam pendekatan  ini praktikum  atau  eksperimen  berbasis sains merupakan bidang pendekatan ilmiah dengan tujuan dan aturan khusus, dimana tujuan utamanya adalah untuk memberikan bekal ketrampilan yang kuat dengan disertai landasan teori yang realistis mengenai fenomena yang akan kita amati. Ketika  suatu  permasalahan yang  hendak  diamati memunculkan pertanyaan-pertanyaan   yang   tidak bisa   terjawab,   maka   metode eksperimen   ilmiah hendaknya dapat memberikan jawaban melalui proses yang logis. Proses-proses dalam pendekatan  scientifik meliputi beberapa tahapan  (gambar  3)  yaitu:  mengamati, hipotesis   atau   menanya, mengasosiasikan   atau   eksperimen, mengumpulkan  atau  analisa  data  dan mengkomunikasikan.  Proses  belajar pendekatan eksperimen pada hakekatnya merupakan proses berfikir ilmiah untuk membuktikan hipotesis dengan logika berfikir.

Prasyarat.


Berdasarkan peta kedudukan bahan ajar, mata pelajaran sistem operasi ini mempunyai keterkaitan dengan mata pelajaran sistem komputer dan sistem operasi. Perakitan komputer merupakan tahapan untuk menyiapkan bagaimana seperangkat sistem komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk memahami proses perakitan komputer yang benar, dibutuhkan pemahaman terhadap perangkat keras komputer baik secara logical dan physical, dimana topik ini telah diuraikan dalam mata pelajaran sistem komputer. Sementara itu untuk dapat mengoperasikan perangkat lunak yang akan mengelola pemakaian sumber daya komputer telah diuraikan dalam mata pelajaran sistem operasi.

Penasaran dengan bukunya ? Silahkan download di sini