Membuat Fungsi Terbilang di Microsoft Office Excel 2013 $2^{nd}$ Edition

Pada postingan saya yang lalu mengenai fungsi terbilang di Microsoft Excel 2013, ada yang sempat menanyakan mengenai fungsi terbilang yang tidak memakai kata "Rupiah" dibelakangnya dengan alasan digunakan untuk menulis raport. Hal tersebut masuk akal sekali mengingat dalam rapor (Jenis Legger) menggunakan huruf dan angka. Nah dengan permasalahan tersebut maka saya membuat postingan ini.

Fungsi ini sebenarnya sudah banyak dibahas di blog-blog yang bertebaran di google. Namun saya akan membahas disini dengan dalih ingin berbagi. Script yang saya upload disini bukan script hasil karya saya melainkan hanya tutorial nya saja yang saya buat sendiri. Oke langsung saja kita bahas saja

Membuat Fungsi Terbilang di Microsoft Office Excel


Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mendownload file ini. Setelah itu lakukan ekstrak pada file yang telah anda download tadi. Kemudian Buka Microsoft Office Excel 2013. (Microsoft office Excel versi lama juga bisa)



Kemudian klik "File" di pojok kiri atas sehingga menghasilkan tampilan sebagai berikut.



Kemudian klik "option" dan akan muncul tampilan jendela option sebagai berikut.




Setelah itu silahkan klik "Add-Ins" dan terlihat tampilan berikut


 

Silahkan klik "Go..." dan akan muncul kotak dialog Add-Ins




Silahkan klik "Browse" dan carilah file "Terbilang.xlam" yang sudah anda download tadi. Setelah itu klik "OK".


Setelah anda mengklik "OK", maka akan kembali pada kotak dialog Add-Ins tadi. namun kita mendapatkan fungsi baru yaitu fungsi "Terbilang". Silahkan klik "OK".




Dengan berakhirnya step tadi maka kita sudah dapat menguji keampuhan fungsi tersebut. Saya sendiri mencoba dengan angka-angka kecil saja karena memang tutorial ini dikhususkan untuk penulisan raport yang dasarnya cuma angka di bawah 100. Namun tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan untuk membilang angka-angka yang besar seperti yang dilakukan oleh para akuntan. Berikut uji coba dan saya nyatakan berhasil.



 


Script diatas tentunya belum bisa dikatakan berhasil $100$ $\%$ mengingat tidak bisa membilang angka $0$ dibelakang koma. jadi jika nilai itu $80,00$ maka hanya akan terbaca "delapan puluh"

Sebagai tambahan, jika anda ingin menambahkan kata Rupiah di belakang, maka anda harus melakukan perintah sebagai berikut.


=terbilang(CELL)&" Rupiah "


Keterangan :

Fungsi & digunakan untuk menggabungkan isi cell dengan formula atau dengan cell lain

Terima kasih juga atas pertanyaan dari Bpk Puan Muridi pada tulisan saya sebelumnya disini sehingga saya dapat menulis artikel ini.


Sekian dulu tutorial dari saya. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan lakukan komentar di bawah. Terima kasih.