Cara Membackup Blog Dengan Mudah

Ketika saya membuka blog teman saya, saya melihat blognya dihapus oleh blogger. Tentu saja saya kaget melihatnya. Karena penasaran saya mulai menjelajah ke facebooknya dan ternyata benar bahwa blognya sudah di hapus oleh blogger. Entah kenapa blog tersebut sampai dihapus. Berikut saya berikan screen shoot dari terhapusnya blog tersebut.



Padahal blog tersebut sudah banyak pengunjungnya dan sudah memiliki pagerank 1. Sudah lumayanlah untuk ukuran blog pribadi. Saya sendiri pun belum bisa mendapatkan pagerank 1 dari google. Tapi tetap bersabar saja mudah-mudahan google bisa menaikkan pagerank ku. hehe.

Untuk menghindari hal tersebut saya mulai mencari-cari artikel tentang kenapa blogger menghapus sebuah blog dan ternyata ketemu jawabannya. Jawabannya ternyata sudah di jawab sendiri oleh blogger yang dapat anda lihat disini. Dari situs tersebut dapat langsung saya simpulkan bahwa blogger akan menghapus blog seseorang jika melanggar aturan yang sudah di tetapkan walaupun blog tersebut sudah terkenal. Berikut alasan kenapa blog dihapus oleh blogger



11 alasan kenapa blog dihapus oleh blogger



1. Materi Khusus Dewasa.

2. Keamanan anak.

3. Perkataan yang mendorong kebencian.

4. Konten Kasar.

5. Kekerasan.

6. Hak cipta.

7. Informasi pribadi dan rahasia.

8. Meniru identitas orang lain.

9. Kegiatan ilegal.

10. Spam.

 11. Perangkat lunak jahat dan virus.


Cukup rumit juga ternyata aturan yang di buat oleh blogger. Saya sendiri pun baru tahu dan tidak ingin blog saya dihapus oleh blogger. Walaupun tulisan kita tidak meliputi 11 poin diatas ada kalanya blogger juga menghapusnya. Berangkat dari situ, saya membuat postingan sederhana bagaimana cara membackup blog agar nantinya jika blog kita dihapus bisa membuat blog lagi dan mengembalikan postingan-postingan yang sudah kita buat selama bertahun-tahun.


Cara Membackup Blog


Berikut cara membackup blog platform blogger.com. Caranya cukup mudah kok.

  1. Buka blog kita dengan mengetikkan www.blogger.com

  2. Silahkan login dengan akun blogger anda masing-masing

  3. Silahkan pilih SETELAN terus klik Lainnya kemudian klik ekspor blog seperti pada gambar berikut

     


  4. Maka akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut ini




  5. Silahkan klik Unduh Blog untuk mengunduh postingan blog anda. Simpanlah hasil ekspor ditempat yang aman. Disarankan agar melakukan backup minimal sebulan sekali agar tulisan anda bisa terselamatkan jika blog anda terhapus.

Untuk melakukan impor blog silahkan anda coba sendiri dengan melakukan impor blog dan cari file ekspor tadi. Selamat mencoba

Referensi


  1. http://www.blogger.com/content.g?hl=id