Membuat Fungsi Terbilang di Microsoft Excel 2013

Bagi anda yang bekerja di bidang bendahara tentunya anda tidak akan lepas dari sebuah program bernama Microsoft Office Excel. MS Excel saat ini (30 Oktober 2013) sudah berada pada versi 2013 merupakan penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya yaitu versi 2003, 2007 dan terakhir 2010. Menurut saya penggunaan excel 2013 sangat mudah dan lebih ringan dibandingkan dengan 2007.

Melanjutkan postingan diatas, jika kita berbidara masalah bendahara tentunya kita tidak akan terlepas dari namanya uang (money). Dengan adanya MS excel ini menghitung uang menjadi sangat mudah dan gampang dibandingkan dengan menggunakan kalkulator walaupun sekarang sudah ada program-program yang dijual dipasaran namun excel tetap menjadi favorite masyarakat pengguna windows.

kembali pada judul diatas yaitu fungsi terbilang. Apa itu fungsi terbilang  ? Yaitu salah satu fungsi yang dapat mengkonversi angka menjadi kalimat.



Contoh 2500   >>> bisa kita rubah menjadi  ”dua ribu lima ratus rupiah”



Ini biasa dipakai oleh staff ADM, Accounting, LOGISTIC dan lain-lain

Ketika menghitung uang dalam jumlah kecil mungkin kita tidak akan pernah kesulitan dalam membilang. Namun kalau angka tersebut begitu besar dan ribet, tentunya akan ribet kita membilangnya. Makanya pada postingan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana membuat fungsi terbilang di excel 2013 dengan sangat mudah tidak sampat 10 detik.

Sebetulnya banyak cara untuk membuat fungsi tersebut salah satunya adalah memanfaatkan VBA, tapi saya akan kasih tahu cara yang paling gampang saja. Karena saya tidak tau permrograman VBA.


#Langkah 1 

Download file ini. Kemudian simpanlah di direktori

"C:\\Program Files\Microsoft\Office\Office15\XLSTART"  seperti pada gambar berikut



# 2.  Restart kembali Microsoft Office Excel 2013 anda. (Maksudnya close MS excel anda terus buka kembali)

#3. Fungsi dapat langsung anda coba dan pasti berhasil. Caranya adalah sebagai berikut.


#4. Silahkan tekan Enter dan hasilnya adalah sebagai berikut.



Untuk sementara sekian dulu postingannya. Sebagai informasi jika anda memberikan nilai desimal, seperti 23,67 maka akan dibaca dua puluh tiga enam puluh tuju sen. Mungkin scriptnya masih perlu perbaikan. Pastikan juga file yang anda download adalah : terbilang.xlam dengan ukuran : 16 kb.

Jika anda yang kurang jelas silahkan berkomentar.

DOWNLOAD


Update : 28 Juli 2018 ("Link sudah di Perbaiki")