Laptop Pertama Yang Pernah Di Jual

Anda mengaku seorang pecinta komputer/laptop ? Atau anda seseorang yang mahir didalamnya ? Tapi pernahkah anda tahu laptop pertama yang pernah dijual ? hehehe. Sedikit saya berbagi pengetahuan dengan para pembaca sekalian.

Laptop yang kita miliki saat ini seperti Acer, Toshiba, Axioo, Asus, Sony, Bahkan Apple adalah produk yang sudah luar biasa dan merupakan perbaikan dari laptop-laptop zaman dahulu. Nah, disini saya akan coba ungkap laptop yang pernah dijual pertama kali.

Saya kutip dari GOOGLE mengatakan bahwa Laptop yang beratnya 2kg sekarang sudah terasa amat berat, gimana dengan laptop pertama kali yang pernah dijual?  beratnya seberat 10 kg Nih. The Osborne adalah sebuah laptop pertama yang dirilis dan dijual secara komersial pada tahun 1981 oleh Osborne Computer Corporation Seharga $1795, (Woow, mahal sekali yah. Kalau dirupiahkan sekitar Rp 17.950.000). Speknya adalah sebagai berikut:

  1. Sistem operasi (OS) : CP/M 2.2 operating system (Control Program/Monitor)
  2. Memory : 64kb (64000 byte)
  3. Floppy Disk 100Kb IEE 488 port (8bit pararel port)
  4. RS-232-C Port (Serial port)

Berikut Gambar / Screen Shoot Laptop Tersebut:

Kalau kita lihat gambar diatas, didukung dengan spesifikasinya mungkin sangat ketinggalan jaman. Sekarang ini orang sudah banyak menggunakan laptop dengan spesifikasi HD 500Gb, Memori 4Gb dengan system Operasi Microsoft Windows 8. Tapi pada zaman dahulu laptop tersebut sangat populer.


Oyah selain itu juga disertakan paker perangkat lunak diantaranya:

  1. Sistem operasi (OS) : CP/M 2.2 operating system (Control Program/Monitor)
  2. C-Basic
  3. Microsoft Basic
  4. Wordstar (Pengolah kata, sekarang yang sering kita pakai yaitu ms word)
  5. Super calculator

Mungkin anda perlu melihat korannya kali yah.....



Laptop diatas beratnya 10 kg. Bayangkan kita yang membawa laptop 2kg saja sudah banyak mengeluh. Bagaimana kalau laptop kita seberat 10 kg. Hehehehe