Membuat Komentar Di Sertai Captcha dengan PHP

9:33:00 PM
Pada sesi latihan kali ini saya akan membuat sebuah tutorial pembuatan script komentar di PHP dengan dilengkapi captcha. Tentunya kita sudah tahu apa itu captcha. Captcha adalah rangkaian kode acak dalam PHP yang harus dimasukkan agar komentar kita tidak dianggap sebagai spam. Disini saya tidak akan menjelaskan secara rinci tutorial php karena diasumsikan pembaca sudah mengetahui dasar-dasar PHP dan MySQL.

Komentar dalam sebuah situs atau website biasa sering kita temukan pada website-website seperti blogspot maupun wordpress. Fungsi dari komentar adalah memberikan masukan / kritik / saran kepada pemilik website agar websitenya lebih baik atau sebagai bahan masukan kepada pemilik website tentang apa yang ditulis dalam website tersebut. Komentar sangat berguna sekali karena dengan slogan bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sehingga kritik dan saran dari orang lain sangat diharapkan guna kemajuan dan kesempurnaan tulisannya. OK langsung saja kita mulai tutorialnya. Tetapi sebelumnya saya akan membahas tentang bagaimana membuat captcha. Materi saya dapatkan di internet dan kita sama-sama baru belajar.

Sering kita lihat dalam website-website di internet, ketika kita akan memberikan komentar, kita selalu di suguhi kode acak yang harus kita masukkan sebelum kita mengirim komentar. Tujuannya adalah mencegah terjadinya spam yang dapat merugikan.

Seperti dalam pengantar diatas sudah saya singgung mengenai captcha. Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat captcha tersebut. Tetapi terlebih dahulu saya akan memberikan contoh captcha yang akan kita gunakan.

Untuk membuatnya silahkan teman-teman download saja disini dan silahkan berkomentar. Masukkan kritik dan Saran yang membangun. Karena sifatnya juga masih sementara belajar. Terima Kasih

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »